TIPS MENGHEMAT KUOTA PADA SMARTPHONE

TIPS MENGHEMAT KUOTA PADA SMARTPHONE



Hay sob- saat ini adalah jaman dimana semua serba internet ya sob tak heran nih kita harus merogoh kocek kita untuk membeli kuota,saat ini kuota adalah hal yang lumrah ya,seakan akan kuota sesuatu yang harus dibeli bulanan,sehingga tak terasa bikin kantong  kita jebol ya sob.
penggunaan internet yang tak terkontrol membuat kuota bulanan habis sebelum waktunya ya sob.maka dari itu untuk kesejahteraan sobat semua dan kantong, maka kita harus menjaga kuota bulanan agar tidak habis sebelum waktunya
cara alternatif agar paketan data tidak cepat habis alias is dead adalah menggunakan wifi sob,tapi beberapa tempat di alam semesta ini tidak menyediakan wifi ya sob sebagai pendamping paket data.maka dari itu sobat semua boleh nih mempraktekkan tips yang akan saya bagikan ini agar kuota sobat semua tidak cepat ludes sebelum waktunya.langsung saja sob kita ke tips yang pertama:

1. Menghemat kuota melalui  aplikasi 'Maps' 

Jarang diperhatikan ya sob, ternyata fitur Maps ini cukup menguras kuota internet sobat semua. Aplikasi Maps ini akan semakin banyak menguras data bila Anda menggunakannya untuk layanan built-in navigation, turn-by-turn directions, melihat traffic secara real time atau melihat map dengan mode satellite.
Tapi tenang aja sob Untuk mengatasi borosnya kuota dari penggunaan aplikasi Maps ini sobat semua bisa mengubah pengaturan Maps ini dari mode online ke mode offline. Untuk platform Android, kamu bisa menyentuh Search Bar di atas aplikasi Maps.
Setelah itu sobat semua bisa menggesernya ke bawah sampai bertemu pilihan "Save map to use offline". Dari sini sobat bisa memilih pilihan save untuk berpindah ke mode offline. Untuk platfom iOS, kamu bisa menuju settings > privacy > lalu matikan pilihan 'Location Services'.
Jika seobat sewaktu-waktu ingin menggunakan layanan aplikasi ini, cukup aktifkan kembali pilihan yang sebelumnya kamu ubah.

2. Gunakan browser yang ringandan efisien

ternyata oh ternyata sob pemilihan browser juga bisa juga jadi penyebab kuota cepat ludes ya. Ada pula yang beranggapan sebagian user smartphone bahwa browser bawaan tidak terlalu efisien ya sob.
Untuk mengatasi hal inisobat bisa mendownload dan menggunakan browser yang lebih efisien semisal Opera Mini. Browser ini memang sudah banyak terbukti dan banyak dipercaya mampu menyimpan kuota data internet secara primer dengan mengompres website yang akan kunjungi.
Dengan fitur data-saving "video boost", sobat juga mengurangi proses buffering dan mampu mengoptimalkan kualitas gambar tanpa perlu kuota  internet yang besar.selain operamini kita juga bisa memilih firefox  lite ya sob atau bahkan uc browser yang lite.

3. Menonaktifkan fitur sinkronisasi terhadap aplikasi yang tidak diinginkan

Ada banyak aplikasi dari ponsel sobat yang melakukan sinkronisasi atau memperbarui walaupun sedang tidak digunakan. Untuk mengatasi hal ini sobat semua bisa mematikan atau menonaktifkan sinkronisasi otomatis pada beberapa aplikasi yang jarang digunakan.
Untuk Android, sobat bisa masuk ke menu Settings > Accounts > kemudian pilih akun yang tidak ingin sobat sinkronisasikan. Untuk iOS, buka settings > general > lalu pilih nonaktifkan background app refresh.

4. Gunakan aplikasi yang 'hemat' data

Media sosial kerap menjadi sumber utama kuota sobat ludes. Maka cobalah beralih ke aplikasi medsos dalam versi yang lebih hemat data. Seperti Facebook Lite, Twitter Lite, Instagram Lite atau YouTube Go.

5. Hanya update aplikasi jika terhubung dengan WiFi

Selanjutnya, tips dan trik ampuh untuk bisa menghemat kuota internet adalah dengan membatasi update aplikasi hanya jika terhubung ke WiFi.Terkadang tanpa kita sadari beberapa aplikasi yang membutuhkan pembaruan (update) ternyata secara otomatis melakukan pembaruannya dengan menggunakan kuota yang kita miliki.
Tentu saja hal ini tidak aka terlalu berpengaruh jika hanya satu aplikasi yang harus diupdate. Namun bagaimana jika puluhan aplikasi yang secara bersamaan membutuhkan update (pembaharuan)? Tentu saja akan makin banyak kuota yang yang diambil.
Maka untuk mengatasi hal ini, cukup mengubah pengaturan update aplikasi dengan cara hanya saat perangkat terhubung dengan WiFi.
Untuk mengaktifkannya, dalam Android bisa masuk ke Play Store dan pilih menuSettings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only. Untuk iOS, mask ke Settings > iTunes & App Stores > matikan pilihan Use Cellular Data.

Itu saja ya sob tips dari saya dengan begitu sobat semua bisa meminimalisir kuota yang ludes sangat cepat yakan.semoga bermanfaat ya sob sekian :D


Recent Posts

recentposts

Trending Now

Ads

banner image